Mechanical Stock 2015, Bernostalgia Melalui Musik Era 60-an

Categories: Kabar HMM

            Mechanical stock 2015 adalah event tahunan dari Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Diponegoro. Mechanical Stock atau yang akrab disingkat Mechstock adalah salah satu program kerja bidang 3 HMM dan merupakan acara inagurasi atau penyambutan mahasiswa baru jurusan S1-Teknik Mesin UNDIP. Pada Mechstock 2015 ini, spesial untuk menyambut mahasiswa baru mesin angkatan 2014 dengan panitianya adalah mesin angkatan 2012. Selain sebagai inagurasi atau penyambutan, mechstock juga merupakan bentuk branding HMM kepada masyarakat umum melalui musik dan sebagai ajang silaturahim atau berkumpul semua warga HMM sembari melepas penat dari rutinitas perkuliahan.

            Pada Mechstock kali ini yang disenggalarakan pada tanggal 23 Mei 2015, tema yang diambil adalah Tribute To Oldies. Ada beberapa alasan kenapa tema ini dipilih, pertama karena tema Tribute To Oldies atau membawa kembali penonton ke era musik tahun 70an-90an memang sedang digandrungi banyak kalangan mahasiswa. Dan kedua, ini juga sebagai bentuk edukasi dibidang musik untuk masyarakat Semarang pada umumnya dan mahasiswa UNDIP pada khususnya bahwa masih ada sisi lain musik yang berkualitas dan tidak termakan zaman. HMM patut berbangga, karena tema dan konsep seperti ini adalah yang pertama diselengggarakan di Semarang. Betapa tidak, Mechstock 2015 hadir dengan konsep konser musik outdoor bertempat di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah kemudian dilengkapi dengan adanya Culinary Festival (Festival Kuliner) dan disempurnakan dengan beberapa pengisi acara sebagai realisasi tema Tribute To Oldies.

176521

Menghadirkan langsung dari ibukota dua g-star yaitu G-Pluck “The Beatles” Band dan Monkey To Millionaire yang masing-masing memiliki karakter serta cirle penggemarnya masing-masing. Kemudian, diikutsertakan juga beberapa band lokal dan komunitas seperti Tanpa Title (Tribute Koes Plus), Jazz Ngisoringin, Semarang Blues, Sugar Bitter, dan band-band perwakilan tiap angkatan dari warga HMM demi kesempurnaan acara.

176518

Hadirnya pengisi acara dari berbagai komunitas lokal Semarang juga menjadikan Mechstock 2015 spesial, yaitu menjadi wadah berkumpul serta unjuk bakat tiap komunitas tersebut dengan harapan bisa menjadi batu loncatan untuk mereka menjadi lebih dikenal publik, diapresiasi dan berkreasi sehingga tidak menutup kemungkinan dikemudian hari akan datang banyak tawaran untuk mereka. Dengan segala paket lengkap yang ditawarkan pada Mechstock 2015, harga tiketnya sendiri terbilang cukup rasional dan tejangkau saku mahasiswa yang memang menjadi sasaran utama, hal ini terbukti dengan total ±1500 penonton terlihat memadati venue khususnya panggung utama saat malam itu.

176525

Sungguh rasa terimakasih tak berkesudahan untuk segala pihak yang ikut terlibat secara langsung maupun tak langsung dalam acara ini. Baik dari pihak birokrasi (yaitu Jurusan, Faluktas, Universitas bahkan Gubernuran itu sendiri), pihak sponsor serta media partner, semua pihak komunitas, dan setiap pribadi dari warga HMM. Sekali lagi ini menjadi pembuktian bahwa seorang mahasiswa teknik mesin yang sering dianggap hanya bisa berkutat dengan hal-hal eksak dan akademis, dapat menyelenggarakan acara sekelas Mechanical Stock 2015 yang nyata-nyata merupakan acara seni khususnya seni musik. Sudah waktunya peran mahasiswa tidak hanya sebagai golongan intelektual, tetapi agent of change yang berperan aktif mengedukasi bangsa dari berbagai aspek kehidupan. Tren positif ini juga diharapkan dapat berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya tanpa melupakan rasa solidaritas dan kekeluargaan yang harus menjadi dasar setiap kegiatan dari para mahasiswa S1-Teknik Mesin UNDIP.